Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo ialah kisah pemerintahan Taejo (raja pertama Goryeo) cerita dari seorang gadis abad ke-31bernama Hae soo yang berpakaian sedih di dinasti Goryeo 1100 tahun yang lalu.
Hae soo tinggal bersa,a, istri sepupu Pangeran goryeo (Pangeran 8 dari Goryeo). Karena keceriaannya, Hae soo disukai pangeran di sini. Pangeran Wook yang merupakan saudara iparnya ketika istri Pangeran wook meninggal, ia dengan berani mencintai dan menyuruh hae soo untuk hidup.

Hae soo yang suka membantu, rukun dengan semua orang dan tidak ragu-ragu. Tidak ada pangeran dari empat kali, Hess, menghadapinya. Dia jatuh cinta pada Hae soo tanpa sekte kerajaan yang dingin. HaeSoo juga memiliki kenangan setelah Wang wook, dan memiliki cinta lain. Lihat, sekte kerajaan tidak menyerah. Ia mendapatkan banyak fitnah dari setiap orang di istana, tak sedikit juga yang mau membela dan menyelamatkan Hae soo untuk mengajaknya keluar dari istana. Banyak pangeran yang menyukai Hae soo dan beberapa dari mereka melakukan pengorbanan cinta bahkan hidup untuk menyelamatkan hae soo.

Baca Juga : Save Me Drama Korea Review Menegangkan Bertema Sekte Kultus

Kisah Menarik Moon Lovers Dari Setiap Pangeran

Pangeran ke-3, Wang yo. Dari karakter wajahnya, memang keliatan picik dan ambisius banget. Apa pun dia lakukan demi mendapatkan tahta, termasuk mencelakakan saudara sendiri. Hal ini pun terdukung oleh keambisiusan sang ratu yang juga ibunya sendiri. Pangeran ini punya istri, tapi nggak pernah diliatin istrinya. Hong Jong-Hyun cocok banget memerankan sebagai karakter pangeran ini.

Pangeran ke-13, Wang Baek-ah yang diperankan oleh Nam Joo-Hyuk. Sebenarnya dari semua pangeran, karakter inilah yang paling aku suka. Pintar dan bersahaja. Kerap menyamar sebagai rakyat biasa dan mengamati kegiatan rakyatnya di pasar dan ditorehkannya lewat gambar-gambar yang dibuatnya lewat semacam buku gambar. Selain hobi menggambar, dia juga pandai bermusik.

Pangeran ke-10, Pangeran yang paling kekanak-kanakan Wang Eun. Byun Baek-hyun pas banget memerankan tokoh ini; polos-polos bego nan kekanakan. Kebayang kan ada pangeran yang merayu perempuan bukannya pake bunga apa-apalah gitu malah pake boneka tangan dan mainan-mainan favoritnya termasuk ketapel x)) Ya, cita-cita pangeran kesepuluh ini suatu saat ini mendirikan toko mainan. Dia lihai sekali seni melipat handuk untuk dijadikan mainan yang bisa disulap menjadi kelinci, perahu dan sebagainya. Meski dia kekanakan, justru dia punya fans, putri sang jenderal cinta mati ama dia sejak kecil.

Pangeran ke-14, Wang Jung. Kalo diliat, kesannya dia hanya sebagai pelengkap. Tapi siapa sangka jika di akhir-akhir episode justru berperan penting bagi kehidupan Hae Soo. Hatinya juga tulus.

Cinta Segitiga Pangeran Wang So dan Pangeran Wook

Pangeran ke-8, Wang Wook. Satu-satunya pangeran yang istrinya ditampilkan. Lewat tokoh Wang Wook ini kita bisa melihat bahwa zaman dahulu banyak sekali pernikahan berlangsung karena kepentingan, dan Wang Wook ini korbannya. Dia sudah lama menikah, tapi hatinya belum seutuhnya untuk sang istri. Tapi dia juga gak tega mau meninggalkan istrinya. Apalagi istrinya sakit-sakitan. Yang lebih kasihan lagi adalah di usia pernikahan mereka yang cukup lama, sang istri tidak bisa memberikannya keturunan. Sementara Hae Soo yang merupakan sepupu dari istrinya ini menjadi semacam tungku hangat di rumah mereka. Tapi ya namanya tungku, kalau terlalu panas bisa membahayakan. Begitulah perumpaman Hae Soo ditengah-tengah mereka. Wang Wook, semakin lama semakin bersemangat tiap kali memandang Hae Soo, tapi dia tidak mungkin meninggalkan istrinya. Wang Wook yang awalnya tampak paling santun, dewasa dan penengah, siapa sangka wataknya akan berubah. Ya, semua karena cinta.

Pangeran ke-4, pangeran yang terasingkan dari saudara-saudaranya sejak kecil. Bahkan ibunya pun nggak menganggap dia ada. Ya, semua gara-gara parut alias luka yang menggorep hampir separuh wajahnya kirinya. Wang So, pangeran yang kesannya paling kejam ini sering terkenal seabagai anjing serigala karena ia bisa membunuh siapa saja. Lee Joon-Gi ini pas banget memerankan tokoh pangeran keempat ini. Bengis tapi sebenarnya romantis. Terlihat bengis karena sedari kecil sudah hidup teriris. Siapa sangka, pangeran yang terlihat paling bengis dari yang lain ini justru yang paling berjiwa ksatria. Ketika pangeran lainnya nggak bisa menolong Hae Soo di saat terjepit oleh keadaan, hanya pangeran keempat yang menolongnya. Nggak hanya sekali, tapi berkali-kali. Dan inilah scena yang paling epik, di episode ke sebelas:Pesan moral serial ini adalah betapa harta, tahta, dan wanita mampu membolak-balikkan hati seseorang.